Ini Dia Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pilih Helm Bogo

wearing retro

Helm bogo merupakan piranti penting yang wajib digunakan pengendara motor. Memiliki peran penting dalam hal keselamatan berkendara bagi pengguna motor, tentunya jangan sampai salah dalam memilih helm. Lantas, bagaimana cara mengetahui helm yang tepat untuk kita?

 

Yang Diperhatikan Saat Pilih Helm Bogo

Kebutuhan

Dani Sena, selaku owner dari gerai Boss Bikers menjelaskan, hal pertama yang diperhatikan dalam pilih helm bogo adalah menyesuaikan dengan kebutuhannya kita. “Apakah untuk riding jarak jauh atau untuk penggunaan sehari-hari, karena kan ada helm half face sama full face,” ujar Dani saat ditemui di gerainya yang terletak di Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (24/10/2018). Bagi bikers yang hobi oprek motor injeksi, upgrade bagian mesin harus diikuti dengan penyesuaian sistem elektronik. Pilihannya bisa memanipulasi ECU bawaan motor dengan O2 Open Looper dan Piggyback, atau yang lebih advance diganti dengan ECU stand alone.

 

Ukuran

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan menurut Dani adalah ukuran helm bogo. Jangan sampai helm itu nantinya malah membuat kita jadi tidak nyaman saat berkendara. “Tapi yang paling penting pada saat pembelian helm yang saya wanti-wanti di sini (gerainya) adalah ukuran helm, jangan sampai salah ukuran,” ucap Dani seraya menjelaskan. “Soalnya kalau helm kebesaran itu bahaya sekali, sama saja seperti kita pakai topi, helm itu juga bisa terbang dan itu bisa ganggu konsentrasi kita. Kesempitan pun sama, karena bisa buat pusing,” tambah Dani.

 

“Cari yang ngepress di bagian pipi, tapi pada bagian kepala belakang tidak ngepress sekali, baik itu half face bogo ataupun full face,” tutupnya. Untuk cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukan dua jari kamu di atara celah helm dan muka, yang diposisikan secara horizontal.

Tinggalkan komentar